MAKALAH BIOGRAFI AFFANDI


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            Dalam mempelajari suatu ilmu kita harus berfikir secara kritis. Demikian pula saat kita mempelajari Seni Rupa. Cara berfikir kritis tersebut dapat di tuangkan dalam bentuk kritik seni. Yaitu dengan mengkritik, mengapreasiakn suatu karya seni. Selain itu dengan mengenal profil serta mengetahui karya karya lain dari sang seniman. Kita dapat mengetahui bagaimanakah karya seni tersebut dapat tercipta di tangan sang seniman.
Seni rupa modern Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan pada kurun akhir 1930an hingga akhir 1950an. Perkembangan tersebut terjadi pada masa revolusi fisik dan ditengah kondisi sosial masyarakat yang masih berada dalam kemiskinan. Konteks sosiologi inilah yang akan menjelaskan latar sosial seni rupa modern Indonesia sekaligus mempengaruhi seluruh tema dan kecenderungan estetik para seniman.
Berbeda dengan pandangan umum yang meletakkan posisi Affandi, Hendra Gunawan dan S. Sudjojono sebagai trio pelopor seni rupa modern Indonesia, sesungguhnya kepeloporan tersebut ditandai pula oleh sosok-sosok lain yang berperan besar bagi perkembangan estetik maupun wacana. Sosok-sosok itu adalah Trisno Sumardjo dan Ries Mulder.



KLIK DISINI DOWNLOAD

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KHITOBAH

MAKALAH KERAJAAN MATARAM

MAKALAH BIOGRAFI POPO ISKANDAR