MAKALAH BIOGRAFI AFFANDI
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam mempelajari suatu ilmu kita
harus berfikir secara kritis. Demikian pula saat kita mempelajari Seni Rupa.
Cara berfikir kritis tersebut dapat di tuangkan dalam bentuk kritik seni. Yaitu
dengan mengkritik, mengapreasiakn suatu karya seni. Selain itu dengan mengenal
profil serta mengetahui karya karya lain dari sang seniman. Kita dapat
mengetahui bagaimanakah karya seni tersebut dapat tercipta di tangan sang
seniman.
Seni rupa modern Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan pada
kurun akhir 1930an hingga akhir 1950an. Perkembangan tersebut terjadi pada masa
revolusi fisik dan ditengah kondisi sosial masyarakat yang masih berada dalam
kemiskinan. Konteks sosiologi inilah yang akan menjelaskan latar sosial seni
rupa modern Indonesia sekaligus mempengaruhi seluruh tema dan kecenderungan
estetik para seniman.
Berbeda dengan pandangan umum yang meletakkan posisi Affandi, Hendra
Gunawan dan S. Sudjojono sebagai trio pelopor seni rupa modern Indonesia,
sesungguhnya kepeloporan tersebut ditandai pula oleh sosok-sosok lain yang
berperan besar bagi perkembangan estetik maupun wacana. Sosok-sosok itu adalah
Trisno Sumardjo dan Ries Mulder.
KLIK DISINI DOWNLOAD
Comments
Post a Comment