MAKALAH SITU PANJALU

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Indonesia adalah Negara yang memiliki keanekaragaman peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah ini ini harus di lestarikan sebaik mungkin agar seluruh warga Indonesia dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mengetahui sejarah zaman dahulu.
Salah satu tempat wisata yang bersejarah khususnya di Provinsi Jawa Barat kabupaten Ciamis adalah Situ Panjalu. Situ Panjalu merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Kabupaten Ciamis karena selain merupakan objek wisata juga disana terdapat nilai-nilai sejarah Kerajaan jaman dulu.
Kegiatan Studi lapangan merupakan salah satu program dari sekolah untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, bukan hanya mendengarkan materi yang biasa dilakukan sibangku kelas, tapi kami dapat melihat, meraba sekaligus merasakan langsung ke objek tersebut. Selain itu juga kegiatan berwisata ini merupakan salah satu bentuk pembinaan siswa dalam Pendidikan Pendahuluan Bela Negara serta Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, karena kegiatan ini tidak hanya mengutamakan rekreasi, tetapi juga siswa diharapkan dapat melakukan penelitian di setiap objek-objek wisata dan berwawancara langsung dengan narasumber disana, sehingga dapat menambah wawasan dan keterampilan siswa. Setelah dilakukan beberapa penelitian, para siswa diharapkan dapat melaporkannya dalam suatu karya berbentuk karya tulis (laporan perjalanan).

B.     Rumusan Masalah
Laporan  ini didasarkan pada pertanyaan sebagai berikut ini :
1.         Apa arti nama Panjalu?
2.         Bagaimana sejarah situ lengkong ?
3.         Bagaimana hasil laporan observasi situ lengkong?

4.         Apa saja objek wisata di situ lengkong?


FULL TEXT DOWNLOAD DISINI

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KHITOBAH

MAKALAH KERAJAAN MATARAM

MAKALAH BIOGRAFI POPO ISKANDAR