MAKALAH HUBUNGAN AL QUR'AN DAN FISIKA

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang
            Sejarah islam dari abad awal sampai kejayaannya takan bisa terpisah dari isi dan kandungan dalam Al- Qur’an semua sejarah masa lalu banyak kita jumpai.begitu pula dengan semua hal yang kita pelajari sekarang antara lain bentuk-bentuk peristiwa yang melatar belakangi ada nya ilmu-ilmu yang kita pelajari sekarang sangat beragam, di antaranya berupa: hasil pemikiran dari pakar-pakar tafsir Al-Qur’an, penelitian-penelitian kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an, dan masih banyak lagi yang belum kita ketahui.
Al-qur’an adalah wahyu yang diturunkan Allah melalui perantara malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW. Di dalam al-qur’an terdapat petunjuk bagi kehidupan umat manusia. Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat ayat-ayat yang mengisyaratkan tentang perintah dan manfaat  terhadap pengembangan ilmu dan teknologi. Dalam hal ini manusia dituntut untuk mempelajari, merenungkan, memikirkan, menelaah, dan menghayati ayat-ayat Allah yang tersirat dan tersurat  dalam Al-Quran. Di dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat Allah SWT yang menjelaskan objek kajian ilmu, yaitu alam, manusia, dan kitab suci. Alam sebagai objek kajian ilmu selanjutnya melahirkan disiplin ilmu kimia, fisika, matematika, biologi, antropologi fisik, astronomi, kedokteran, farmasi, dan lain-lain.
Di sekolah kita sudah tidak asing lagi dengan ilmu fisika. Dimana ilmu tersebut merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Ternyata dari sekian banyak ayat dalam al-qur’an selain ayat-ayat yang menerangkan tentang agama, akhlaq, dan lain sebagainya juga terdapat ayat-ayat yang mengajarkan kita tentang ilmu fisika atau bisa kita sebut sebagai ayat fisika.

B.     Rumusan Masalah
1.            Apakah ilmu fisika dalam persepsi Al-Qur’an ?
2.            Apa hukum energi dalam al Qur’an ?

3.            Apa hukum kekekalan energi dalam al Qur’an ?

FULL TEXT DOWNLOAD DISINI

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KHITOBAH

MAKALAH KERAJAAN MATARAM

MAKALAH BIOGRAFI POPO ISKANDAR