MAKALAH TENTANG SHIDDIQ


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Siddiq merupakan hakikat kebaikan yang memiliki dimensi yang luas, karena mencakup segenap aspek keislaman. Hal ini tergambar dalam firman Allah SWT: “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan.Mereka itulah orang-orang yang benar imannya (yakni bersifat siddiq); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. ” (QS Al-Baqarah: 177)
            Ayat ini digambarkan dimensi yang dicakupi oleh siddiq yaitu meliputi keimanan, menginfakkan harta yang dicintai, mendirikan shalat, menunaikan zakat, menepati janji, bersabar dalam kesulitan, dll. Karena itulah, dalam ayat lain, Allah SWT memerintahkan kita untuk senantiasa bersama-sama para shiddiqin: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (siddiq).” (QS At- Taubah: 119)
Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menyebutkan tiga orang RasulNya yang memiliki sifat siddiq ini. Yang pertama adalah Nabi Ibrahim AS. Allah memujinya karena memiliki sifat ini: “Ceritakanlah (hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al-Kitab (Al-Qur’an) ini.Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang nabi. “(QS Maryam: 41)
Rasul yang kedua adalah Nabi Idris AS. Allah juga memujinya dalam Al-Qur’an karena memiliki sifat siddiq. Allah berfirman: “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. “(QS Maryam: 56)


FULL TEXT DOWNLOAD DISINI

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KHITOBAH

MAKALAH KERAJAAN MATARAM

MAKALAH BIOGRAFI POPO ISKANDAR